Jumaat, Jun 24, 2011

Ahli Politik Indonesia Boikot Ibadat Haji?

Kerana benci, ahli politik Indonesia ini mengusulkan apa sahaja walaupun ia bersifat keanak-anakan dan kelihatan bodoh :

Kamis, 23/06/2011 20:32 WIB
Gus Choi Usulkan Moratorium Pengiriman Jamaah Haji ke Arab Saudi
Hery Winarno - detikNews

Jakarta - Politisi PKB yang juga anggota Komisi I DPR, Effendy Choirie prihatin dengan kekerasan yang kerap menimpa tenaga kerja wanita (TKW) di Arab Saudi. Pria yang akrab disapa Gus Choi ini mengusulkan agar dihentikan pengiriman jamaah haji ke Arab Saudi.

"Kita perlu bersikap, tidak usah kirim haji selama 5 tahun dan itu bisa kita jadikan sebagai nego politik," ujar Gus Choi saat rapat dengar pendapat antara Komisi I DPR dengan Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Gatot Abdullah Mansyur di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, (23/6/2011).

Menurut Gus Choi hal ini untuk menjadi dasar berdiplomasi dengan Arab Saudi. Selama ini, menurutnya Arab Saudi terkesan eksklusif.

"Saudi dia boleh lakukan ajaran agama tapi dia juga hidup di dalam dunia hubungan antar bangsa bukan hanya ukhuwah di dalam negaranya sendiri tapi juga ukhuwah insaniah antar bangsa lain. Ini menjadi pertimbangan sehingga dia tidak menjadi ekslusif," terangnya.

Usai rapat, Gus Choi menjelaskan bahwa Arab Saudi sebenarnya sangat tergantung dengan jemaah haji Indonesia. Hal itu bisa menjadi nilai tawar bagi pemerintah Indonesia.

"Ada satu hal yang Arab Saudi menikmati dari Indonesia, yaitu haji dan umroh. Bayar visa, penerbangan dari maskapai mereka dan dari penginapan itu berapa trilyun. Kita memberi devisa berapa triliun, kalau dijadikan alat diplomasi pasti signikan," terangnya.

"Mereka itu cukup 2 bulan melayani jemaah haji, tapi hasilnya cukup untuk hidup 2 tahun," imbuhnya.


Maka jangan hairanlah jika kita tidak dapat memahami keletah mereka bila berurusan dengan emosi mereka ke atas Malaysia.