Rabu, Oktober 15, 2014

Harga minyak dunia jatuh



Harga minyak dunia jatuh ke paras terendah dalam tempoh 4 tahun kepada kira-kira US$81 setong ketika rasionalisasi subsidi bahan bakar petrol dan diesel diberlakukan dengan kenaikan harga minyak di negara ini dua minggu lalu.

Ini dikatakan berpunca dari lebihan bekalan yang berlaku di pasaran dunia.

Memahami keadaan ini dan hasrat pengurangan hutang negara yang dilihat satu langkah untuk memastikan masa depan negara yang lebih baik untuk diwariskan, adalah seharusnya harga minyak tidak dinaikkan lagi selagi harga minyak dunia tidak kembali melepasi US$100 setong.

Oil prices reach new depths on oversupply

AFP


Oil prices reached new multi-year low points on Wednesday owing to a supply glut and weak global demand, analysts said.
Brent struck $83.37 a barrel -- the lowest level for nearly four years -- and the WTI contract dropped to $80.37, a point last seen more than two years ago.
In later deals, Brent North Sea crude for delivery in November stood at $84.06 a barrel, down 98 cents compared with Tuesday's close.
US benchmark West Texas Intermediate (WTI) for November was down $1.16 at $80.68.
"For as long as OPEC makes no move to tackle this threat of a massive oversupply by reducing production, prices are likely to continue to fall," said Commerzbank analyst Carsten Fritsch.
Currently, members of the Organization of the Petroleum Exporting Countries, such as kingpin Saudi Arabia, are in fact slashing the prices they charge customers for their crude in order to gain market share.
The International Energy Agency on Tuesday said it expects demand to have risen by just 700,000 barrels per day to 92.4 million barrels per day this year, 200,000 fewer than its previous growth forecast.
Market-watchers have blamed the slump in demand on weak growth in China, the world's biggest energy consumer, and the eurozone, which some analysts have warned is flirting with recession.
Adding to the pain is an oversupply of the black gold caused by strong US production of shale gas and a return of Libyan oil on to the market after facilities that were closed due to civil unrest resumed operations.
"At some point, dwindling oil prices should be a positive for businesses but global headwinds, which include an Ebola outbreak and signs of slowing growth in China and Europe, have the upper hand for now," said Desmond Chua, market analyst at CMC Markets in Singapore.
DBS Bank of Singapore pointed to concerns over weak growth in Europe's core economies France, Germany and Italy.
"We're not talking about Portugal and Greece anymore. It's the big guys that are shrinking," it said, adding that "the eurozone is on the cusp of its third recession in five years".



PM Najib hadiri perlantikan Jokowi sebagai Presiden Indonesia 20 Oktober ini

Perdana Menteri akan menghadiri majlis perlantikan Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia ketujuh pada 20 Oktober ini.

Rabu, 15/10/2014 12:11 WIB

Ini Daftar Pimpinan Negara yang Dijamu Jokowi Usai Pelantikan Presiden

Ahmad Toriq - detikNews



Jakarta - Jokowi-JK akan menjamu pimpinan negara sahabat di hari pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober 2014. Ini daftar pimpinan negara yang akan dijamu Jokowi-JK.

"Yang akan dijamu hanya pimpinan negara," kata Sekjen MPR Eddie Siregar saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (15/10/2014). Para dubes dan menlu tak akan ikut jamuan itu.

"Tempatnya sedang dipersiapkan," ujar Eddie.

Berikut daftar pimpinan negara yang akan menghadiri pelantikan Jokowi-JK berdasarkan keterangan Sekjen MPR:

- Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah
- Presiden Timor Leste Xanana Gusmao
- Gubernur Jenderal Papua Nugini Michael Ogio
- Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak
- Perdana Menteri Haiti Laurent Lamothe
- Perdana Menteri Singapore Lee Hsien Loong
- Perdana Menteri Australia Tony Abbott
- Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha
- Utusan pemerintah Jepang, Mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda

Pelajar SJKC tidak mahir berbahasa Melayu - Dr. Teo

Kecacatan utama seseorang warganegara ialah apabila tidak fasih bahasa kebangsaan negaranya sendiri padahal di negara itulah dia membesar dan mencari makan. Padahal mengaku-ngaku dengan lantang diri mereka juga warganegara. BUKAN SAHAJA DIKATEGORIKAN SEBAGAI CACAT, MALAH MENDATANGKAN RASA TIDAK SENANG! Kategori warga jenis apakah ini?

Perkara sebegini yang tidak pernah wujud di mana-mana negara di dunia. Malah jika berlaku, tentu sekali akan berlaku tindakbalas yang membawa kepada gangguan ketenteraman. 

Bukankah ini bukti bahawa masyarakat majoriti di negara ini sangat bertoleransi sehingga ke tahap tidak masuk akal. Eh, malah dituduh rasis pula?

Maka dengan itu, tidak hairanlah sentimen tidak senang terhadap sekolah vernakular semakin meningkat di kalangan kaum pribumi di negara ini, yang jelas sekali kini terlihat sebagai  antara punca gangguan sosial di masa hadapan.

Bukan membenci Bahasa Mandarin. Tidak. Tetapi membenci produk-produknya yang umpama rakyat Tiongkok, menyemak di bumi Nusantara. SEDARLAH DIRI WAHAI HUAREN.


Pelajar SJKC perlu kuasai bahasa Mandarin dan Melayu

KOTA BHARU 14 Okt. Pelajar sekolah jenis kebangsaan Cina (SJKC) perlu menguasai bahasa Melayu dengan baik sebagaimana mereka fasih menggunakan bahasa Mandarin.

Felo Utama Institut Kajian Etnik (KITA) Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Profesor Datuk Dr. Teo Kok Seong berkata, perimbangan tahap penguasaan di antara keduadua bahasa itu adalah perlu bagi memastikan perpaduan dalam kalangan rakyat negara ini terus kukuh.

Menurutnya, buat masa ini perimbangan tahap penguasaan keduadua bahasa itu dalam kalangan pelajar SJKC tidak wujud apabila mereka hanya menguasai bahasa Mandarin.

"Jadi, para pelajar di SJKC perlu mengimbangi penguasaan bahasa Cina dan Melayu ini dengan baik. Jika mereka dapat menguasainya maka tidak akan lagi timbul SJKC lebih kepada satu kaum sahaja.

"Di SJKC, 85 peratus pelajarnya adalah kaum Cina dan selebihnya terdiri daripada kaumkaum lain seperti Melayu, India, Siam dan sebagainya. Jika perimbangan ini wujud saya percaya ia akan dapat mengukuhkan perpaduan dalam kalangan masyarakat yang berbilang kaum di negara ini," katanya selepas Wacana Permartabatan Bahasa Melayu Sempena Karnival Bahasa Melayu di Institut Perguruan Kota Bharu (IPKB), di sini hari ini.

Beliau berkata demikian sebagai mengulas saranan Perdana Menteri, Datuk Seri Najib Tun Razak yang meminta SJKC meningkatkan penguasaan bahasa Melayu dalam kalangan muridnya bagi membolehkan mereka menggunakan bahasa kebangsaan itu dengan lancar dalam percakapan.

Kok Seong memberitahu, pergaulan antara para pelajar pelbagai kaum di SJKC sebenarnya sudah wujud namun mereka menggunakan bahasa Mandarin sebagai perantaraan dan bukannya bahasa Melayu.

Katanya, keadaan itu menyebabkan pelajar tersebut terbawabawa untuk menggunakan bahasa Mandarin sebaik sahaja mereka melangkah ke alam pekerjaan.

"Jika perimbangan ini dapat dilakukan, SJKC mampu melahirkan pelajar yang mampu menguasai bahasa Mandarin dan Melayu dengan baik," katanya.



Artikel Penuh: UTUSAN 
© Utusan Melayu (M) Bhd 

Anwar Ibrahim kecewa Ulil Abshar disekat masuk Malaysia

Ketika ratusan pembaca portal berita di Indonesia memuji tindakan Malaysia menyekat kemasukan pengasas Jaringan Islam Liberal, Ulil Abshar Abdalla, Anwar Ibrahim, di belakang penjilat punggungnya meluahkan kekecewaannya atas sekatan tersebut.

Seperti yang dilaporkan sebuah portal berita Indonesia, Anwar memberi gambaran bahawa rantau ini yang bergerak ke arah Islam konservatif adalah merupakan satu trend yang tidak sihat.

Walaupun dikenali sebagai penyokong kuat Islam liberal, dengan bukti-bukti hubungannya dengan Ulil Abshar, sosok yang dianggap sesat oleh Majlis Ulama Indonesia dan kalangan rakyat Indonesia yang mencintai Islam, ramai ulama politik di Malaysia yang ketagih hasil lendir politik kafir, masih bermuka-muka dan menyokong Anwar Ibrahim. Bayangkanlah jika si tua ini jadi Perdana Menteri. Pemuka-pemuka agama yang menyokongnya hanya menjadi pelapik kaki alas di depan pintu. Pun masih tentu menyokongnya. Kerana apa? Kerana ketagihan hasil lendir politik kafir. Semoga mereka dan agenda mereka diberi balasan setimpal kelak.


Anwar Ibrahim sayangkan pelarangan Ulil masuk MalaysiaReporter : Iqbal Fadil 
Merdeka.com - Tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdalla dilarang masuk Malaysia untuk hadir dalam diskusi panel berjudul 'Religious Fundamentalism Threat in This Century' di Kuala Lumpur pada 18 Oktober mendatang.

Ulil mengungkapkan, Persatuan Ulama Malaysia (PIM) telah melayangkan protes untuk menentang partisipasinya dalam acara tersebut.

"Dan sekarang saya dilarang masuk ke Malaysia," ujar pria yang juga politikus Partai Demokrat ini.

Mantan Wakil Perdana Menteri MalaysiaAnwar Ibrahim yang juga dikenal sebagai tokoh oposisi menyayangkan pelarangan itu. Dia pun mengomentari kicauan Ulil melalui akunnya @anwaribrahim.

"Must allow reasoned discourse NOT ban! "@ulil: Authority might ban my entrance to Malaysia. But Islamic progressive ideas can't be stopped." tulis Anwar

Ulil dalam twitternya menjelaskan, dia mendapat undangan untuk hadir dalam diskusi yang diselenggarakan oleh IRF (Islamic Renaissance). "Tapi sayangnya, kehadiran saya tidak akan terjadi," tulis Ulil dengan berbahasa Inggris lewat akun Twitter-nya, @ulil, Selasa (14/10).

Ulil mengaku sedih pelarangan ini terjadi ketika komunitas Muslim memerlukan dialog lebih untuk membendung radikalisme di tengah-tengah mereka.

"Seperti di Indonesia, tren Islam konservatif kelihatan meningkat di Malaysia. Dan ini bukan berita baik bagi Muslim di Nusantara," ujarnya.

Rakyat Indonesia puji Malaysia sekat masuk Ulil Abshar

Larangan Malaysia ke atas kemasukan seorang warga Indonesia yang merupakan pengasas Jaringan Islam Liberal, Ulil Abshar Abdalla mendapat pujian dari pembaca di Indonesia pada ruangan komen sebuah artikel berita yang melaporkan bahawa Indonesia tidak akan melakukan perkara yang sama yang dilakukan oleh Malaysia.



Rata-rata memuji ketegasan negara ini membendung pemecah belah agama dari menyusup masuk dan menjalankan agendanya.

Selasa, 14/10/2014 19:10 WIB

Ulil Dilarang Masuk Malaysia, ini Reaksi Menag Lukman Hakim

Gagah Wijoseno - detikNews
FOKUS BERITA
Jakarta - Pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdalla dilarang masuk ke Malaysia. Ulil sejatinya menjadi pembicara dalam diskusi tentang fundamentalisme. Apa kata Menag Lukman Hakim soal pelarangan Ulil masuk Malaysia ini?

"Saya tentu menghormati kebijakan Pemerintah Malaysia yg memiliki otoritas mencekal saudara Ulil Abshar Abdalla masuk ke wilayah Malaysia untuk berbicara tentang Islam di sana. Mereka punya alasan tersendiri yang patut kita hormati," kata Lukman, Selasa (14/10/2014).

Namun Lukman menegaskan, di Indonesia tak akan berlaku larangan di Malaysia. Perbedaan keagamaan mesti didialogkan.

"Tapi di Indonesia, saya berharap Pemerintah kita tak perlu lakukan larangan seperti itu. Sekeras, setajam, dan sebesar apapun perbedaan antarkita dalam hal pemikiran keagamaan, justru harus terus diupayakan untuk didialogkan guna mendapatkan pemahaman titik-titik persamaan dan perbedaannya," jelas Lukman.

"Selama pikiran-pikiran itu tidak mengajak kepada makar atau penistaan dan penodaan atas pokok-pokok suatu paham agama, maka perbedaan yang ada justru perlu terus didialogkan. Kita harus menjaga dialog paham pemikiran dalam intra dan antar agama secara santun, semata-mata demi meningkatkan kualitas peradaban kemanusiaan kita, buk
an justru sebaliknya," tutupnya.


  • Wednesday, 15/10/2014,00:10:58
    Rocky Bloom
    gak ada bedanya JIL sama FPI.. yg satu ngerusak fasilitas umum dan kamtib yang satu nya lagi ngerusak akidah.. pantas dua2 nya di gantung.. kebebasan kok dibanggakan.. ya perlu ada ukuran dong
  • Tuesday, 14/10/2014,23:59:09
    Ahmad Haidar
    ulil perusak islam.salut u malaysia
  • Tuesday, 14/10/2014,22:58:14
    Jumadi123 @jumadi123
    Halah indonesia santun apanya? FPI, FUI, HT, Isis... Perusak nama islam semua
  • Tuesday, 14/10/2014,22:47:05
    Aisla @aisla
    Indonesia santun yg keblinger...harus tegas kayak malaysia.salut tuk malaysia
  • Tuesday, 14/10/2014,22:47:04
    Anthonius.adhi.soedibyo@anthonius.adhi.soedibyo
    Walah ngurusin yg fundamentalis spt FPI dan lainnya aja ga bisa.. mmg bagus Malaysia itu.. disana beragam ras dan agama bisa menjadi satu dan berbaur serta menghargai.. ga kayak disini.. yang minoritas diinjak-injak, dituduh menzolimi yg mayoritas.. masuk akal ga tuh? Lihat aja tuduhan FPI dan sebagian masyarakat yg menolak Ahok menjadi gubernur Jakarta..
    • Tuesday, 14/10/2014,21:00:41
      Massasmito @massasmito
      Dua Jempol kanan untuk Malaysia...
    • Tuesday, 14/10/2014,20:33:00
      guenih1 @guenih1
      Good Job pemerintah Malaysia, Ulil itu lebeih berbahaya dibanding virus EbolaReply
  • Tuesday, 14/10/2014,22:33:31
    Rahmat Kurnia @rahmatalkeren
    ulil agamanya dolar dpat beasiswa jdi antek asing. . . ngak pnya harga diri
  • Tuesday, 14/10/2014,15:41:22
    Henset @henset
    Ulil Belajar Agama Islam di \Amerika\ yg jelas jelas bukan Negara tempat islam di lahirkan,,,Gimana dia Mau sependapat dengan Ulama Kita...Kalo Malaysia Punya Sikap Seperti itu \HEBAT\.....Preventive sebelum terjadi hal buruk.
  • Tuesday, 14/10/2014,22:07:14
    Asal-comen @sujoniman
    Biar dipilih jd mentri agama lagee ya?
  • Tuesday, 14/10/2014,22:02:30
    jokergituloh @jokergituloh
    eh tumben waras menag yang ini.. dibanding yg kemarin.. wkwkwkwk
Tuesday, 14/10/2014,16:00:34
Kaos Kaos Bandung @anehbangetidih
di malaysia tindakan hukumnya tegas, salut! makanya tidak ada ormas radikal macam FPI di sono,,pesantren abu bakar baasyir aja langsung di tutup sebelum ada kasus apapun, cuma berdasarkan ajaran2nya yg membahayakan!

  • Tuesday, 14/10/2014,15:19:08
    Taijah1309 @taijah1309
    Malaysia hebat.
  • Tuesday, 14/10/2014,15:14:10
    DIAT83 @diat83
    Salut buat pemerintah dan lembaga Islam Malaysia...! hanya ketegasan yang bisa meredam ajaran2 kaya gini, makanya dimalaysia itu jarang ada konflik antara, ataupun antar umat beragama
Tuesday, 14/10/2014,15:25:30
tekun @tekun
Malaysia bisa jadi contoh buat penguasa Indonesia dalam hal ketegasannya thd perusak aqidah Umat islam... Masyarakat malaysia tidak salah dlm memilih pemimpin...salut...
  • Tuesday, 14/10/2014,15:08:45
    N.seno.w
    malaysia memang hebat....bisa tegas...kalo indonesia semua serba abu2...banyak mafia, preman, koruptor tapi tampangnya innocence semua...ga merasa salah...hebat to...indonesia hebat
  • Tuesday, 14/10/2014,15:01:30
    endlessgain @endlessgain
    Gw demen sama M\apos;sia yg tegas kayak begini nih!!!!
  • Tuesday, 14/10/2014,14:58:53
    Antingapusi @antingapusi
    Jangan beri kesempatan manusia macam ulil untuk mengembangkan pikiran kotornya
  • Tuesday, 14/10/2014,14:58:47
    Anto Loco @kaliadra
    setuju Datuk....
  • Tuesday, 14/10/2014,14:56:58
    congor13 @congor13
    klo FPI militan mgkn nih org tinggal nama doang
  • Tuesday, 14/10/2014,14:55:04
    Andri Bimasakti @andri_bimasakti
    Pak Dato, saya setuju. Ulama di indonesia pernah meghalalkan dia utk di bnh.
  • Tuesday, 14/10/2014,14:52:44
    Iswan Asari @iswan_asari
    Good, untuk masalah yang satu ini sata setuju dengan Malaysia

Selasa, 14/10/2014 08:23 WIB

Dubes Malaysia Cek Soal Pencekalan Pendiri JIL Ulil Abshar

Taufan Noor Ismailian - detikNews
Pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdalla dicekal masuk Malaysia. Ulil akhirnya tak bisa hadir sebagai panelis dalam diskusi yang bertema fundamentalisme. Permintaan cekal datang dari Persatuan Ulama Malaysia.�
14 KomentarKirim Komentar
  • Tuesday, 14/10/2014,09:42:41
    meirevolt
    Bagus!
  • Tuesday, 14/10/2014,09:42:20
    E_ledon @camelpo
    Giliran ust Felix Siaw di cegah di AS dan Aust,kita jg harus maklum ya? Jangan marah! Hehehe,,,,
  • Tuesday, 14/10/2014,09:41:59
    Edhy Gatot @edhy.gatot
    kalau dirasa banyak mudhorotnya dengan hadirnya manusia ini ya pasti lebih baik dicegah, karna menyangkut akidah bagi yang medengarkan....kalau tidak siap dalam arti ilmu....bisa galau...
  • Tuesday, 14/10/2014,09:29:26
    Alexsjiwabrata @alexsjiwabrata
    ulama-ulama kita harus banyak belajar dari ulama malaysia
  • Tuesday, 14/10/2014,09:29:06
    Salwa Binti Syam @salwaputri_capoa
    Indonesia mana brani ngurusin mslh kyk gni,,kalo ngurusin proyek baru jagoooo
  • Tuesday, 14/10/2014,09:12:40
    Nathandinata
    MUI harus belajar ke Majelis Ulama Malaysia,berkaca,berkaca dan berkaca
  • Tuesday, 14/10/2014,09:03:35
    Cahsoropadan @cahsoropadan
    Klo jaman Rasulullah org spt ulil ini sudah dipancung..
  • Tuesday, 14/10/2014,08:58:23
    aries purnomo @purnomoaries
    Uliilll,,,Weleh,weleehh,, Pen cekalan Pak Ulil oleh Pemerintah Malaysia sangat tepat!! JIL,,berpotensi merusak kemurnian Islam!!
  • Tuesday, 14/10/2014,08:58:11
    ibrahim_plbg @ibrahim_plbg
    seharusnya di indonesia juga di cekal orang seperti ini ngak ada manfaatnya, menyebarkan islam liberal merupakan perusak Agama Islam.
  • Tuesday, 14/10/2014,08:47:17
    Smilikiti @smilikiti
    alhamdulillah.
  • Tuesday, 14/10/2014,08:41:04
    gedebug @gedebug
    paham liberalisme itu tidak cocok di asia, jangan memaksakan kehendak
  • Tuesday, 14/10/2014,08:40:27
    Jogja Hebat @jogjahebat
    Kasihan Bumi Indonesia menangis ditempati Ulil
  • Tuesday, 14/10/2014,08:36:39
    gedebug @gedebug
    indonesiapun seharusnya menolak ulil..
  • Tuesday, 14/10/2014,08:34:29
    Jogja Hebat @jogjahebat
    Memang harus dicekal