Selasa, Disember 30, 2014

Ribut Tropika Jangmi dijangka tiba di Semenanjung pada hari Ahad dalam bentuk depresi tropika

Ribut Tropika Jangmi dijangka tiba di Kelantan hari Ahad ini pada kekuatan yang telah melemah kepada Depresi Tropika. Namun, depresi tropika akan menyebabkan hujan lebat dan ini menjadikan proses pemulihan selepas banjir mungkin terganggu.

Berikut adalah unjuran pergerakan Ribut Tropika Jangmi oleh Weather Underground pada petang ini untuk 5 hari ke depan.



Serpihan QZ8510 sudah ditemui (?)

Berita yang diterbitkan di portal DetikNEWS jam 1:49 petang dan 1:59 petang tadi menunjukkan imej yang dirakam oleh Tentera Udara Indonesia yang didakwa kelihatan seperti serpihan pesawat QZ8510 yang hilang pagi Ahad lepas.


Selasa, 30/12/2014 12:49 WIB

AirAsia Hilang

Ini Penampakan Serpihan yang Ditemukan TNI AU di Selat Karimata

Elza Astari Retaduari - detikNews

Jakarta
 - Tim TNI Angkatan Udara (AU) melihat serpihan di sekitar Selat Karimata, selat yang memisahkan Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Beberapa serpihan diduga berasal dari pesawat AirAsia QZ8501.

"Tadi saya ikut dengan pesawat dari Halim. Di situ kami melihat di sekitar titik pesawat AirAsia hilang terdeteksi beberapa benda-benda di lautan itu," kata Panglima Komando Operasi I TNI AU Marsekal Madya Dwi Putranto di Pangkalan Bun, Kalimantan Barat, Selasa (30/12/2014).

Dwi Putranto sedang melakukan koordinasi dengan Basarnas dan pihak terkait untuk melakukan penelusuran lanjutan. Tim akan mengarah ke lokasi segera.

"Ada 10 benda besar dan benda kecil-kecil banyak. Untuk meyakinkan itu saya akan berangkat dengan helikopter bersama Basarnas," katanya.

Dia pun mendeskripsikan serpihan yang diduga berasal dari AirAsia. "Prediksinya ada bentuknya seperti tangki berwarna kuning, ada menyerupai benda menyerupai peluncuran pesawat belum bisa dipastikan. Ada panjang berwarna kuning, ada putih polos mengkilat itu terlihat jelas," jelasnya.

"Kalau memang itu terbawa air laut seharusnya sudah pudar, tapi tadi terlihat dengan jelas warnanya," pungkasnya.

Selasa, 30/12/2014 12:59 WIB

AirAsia Hilang

TNI AU Deteksi 10 Lebih Serpihan, Mirip Tangki Kuning dan Peluncur Pesawat

Elza Astari Retaduari - detikNews

Pangkalan Bun - TNI AU menemukan 10 lebih serpihan diduga dari pesawat AirAsia QZ8501. TNI AU bersama Basarnas akan memastikan langsung dengan menggunakan helikopter.

"Ada 10 benda besar dan benda kecil-kecil banyak. Untuk meyakinkan itu saya akan berangkat dengan helikopter bersama Basarnas," kata Panglima Komando Operasi I TNI AU Marsekal Muda Dwi Putranto di Pangkalan Bun, Kalimantan Barat, Selasa (30/12/2014).

Sejumlah serpihan diduga berasal dari pesawat Airbus A320-200 yang hilang. Sejumlah benda mirip dengan perangkat pendaratan pesawat.

"Prediksinya ada bentuknya seperti tangki berwarna kuning, ada menyerupai benda menyerupai peluncuran pesawat, tapi belum bisa dipastikan. Ada panjang berwarna kuning, ada putih polos mengkilat itu terlihat jelas," paparnya.

Dari analisis awal terlihat warna benda masih sangat jelas dan bukan merupakan benda yang lama terapung di lautan.