Sabtu, April 16, 2011

BN Bawa Sarawak Mendahului Kalimantan

Indonesia Puji Kemajuan Sarawak, Kutuk Wilayah Sendiri

Kamis, 27/01/2011 13:04 WIB
Gamawan Pamer Foto Timpangnya Pembangunan RI-Malaysia di Perbatasan
Adi Lazuardi - detikNews

Jakarta - Pembangunan di perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Barat dengan Serawak ternyata sangat timpang. Kondisi perbatasan di Malaysia sudah tampak lebih maju daripada di perbatasan Indonesia.

"Padahal rumah ini dua-duanya bertetanggaan di satu wilayah Indonesia dan Malaysia," kata Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan Gamawan Fauzi.

Hal itu disampaikan Gamawan sambil menunjukkan foto-foto perbedaan kondisi perbatasan dalam raker dengan anggota Komisi II DPR, Senayan, Kamis (27/1/2011). Namun Gamawan tak menyebutkan kapan foto-foto tersebut diambil.

Pria yang juga menjabat sebagai Mendagri ini membawa 4 foto kondisi perbatasan RI. 3 Di antaranya perbatasan Kalimantan Barat-Serawak. Sedangkan 1 foto lainnya perbatasan RI-Papua Nugini.

Foto pertama yang ditunjukkan Gamawan ke DPR yakni foto rumah-rumah warga RI dan Malaysia. Gamawan membandingkan rumah warga RI di perbatasan sudah tidak layak huni. Kondisi bangunannya sudah mulai lapuk. Rumah warga Indonesia ini pun terbuat dari kayu.

Kondisi ini berbeda jauh dengan rumah warga Malaysia. Rumah warga Malaysia terbuat dari tembok dengan cat yang masih baru. Bahkan beberapa di antaranya sudah bertingkat dua.

Kemudian Gamawan menunjukkan foto kedua. Di foto kedua ini tampak kondisi jalan di perbatasan RI-Malaysia. Jalan di perbatasan RI terlihat belum diaspal, sebagian berumput dan berbatuan. Sementara di Malaysia sudah diaspal.

"Padahal di Malaysia jarang masuk kendaraan. Kapan kita punya jalan seperti ini di perbatasan," kata Gamawan sambil menunjukkan foto perbatasan Malaysia.

Foto ketiga yang ditunjukkan Gamawan yakni pembangunan gedung sekolah. Gedung sekolah di perbatasan RI sangat menyedihkan. Sekolah tersebut tampak tidak terawat dan luas bangunannya kecil. Sementara di Malaysia, sekolahnya sudah bertingkat 4.

Foto keempat yakni perbatasan RI-Papua Nugini. Di perbatasan ini, kondisinya tidak begitu signifikan. Malah perbatasan Indonesia masih lebih baik dari Papua Nugini.

"Kalau kita dengan Papua Nugini masih baguslah," ujarnya.

2 ulasan:

Tanpa Nama berkata...

Lihat betapa konco2 anwar menipu rakyat dalam kes arsenik pada tahun 1998 dulu. Salah sorang yg mengeluarkan buah fikiran utk memfitnah ayahanda TDM telah membongkarkan rahsia tersebut. Mari kita lihat video berikut:

http://www.youtube.com/watch?v=8ATEmuZwKaQ&feature=related

Tanpa Nama berkata...

Hidup 1CINA DAP!!!