Tuesday, October 02, 2012

Beras Malaysia Diseludup Ke Indonesia


Beribu-ribu tan  beras Malaysia selama ini diseludup ke Kepulauan Riau di Indonesia.Terkini, Kastam Indonesia merampas 800kg beras yang diseludup oleh sebuah kapal bernama Lianwi yang berbendera Indonesia.


Ratusan Ton Beras Selundupan Asal Malaysia 'Nyelonong' ke Indonesia

Suhendra - detikfinance
Selasa, 02/10/2012 17:41 WIB


Jakarta - Patroli Bea Cukai Kepulauan Riau berhasil menangkap 2 kapal asal dari malaysia bermuatan 800 ton beras yang akan diselundupkan ke Indonesia. Kejadian ini bukan pertama kalinya, bahkan sudah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan pada tanggal 30 September lalu, temuan serupa terjadi. Kapal Patroli Bea Cukai BC-10001 berhasil menangkap Km. Lianwi berbendera Indonesia dengan muatan kurang lebih 300 ton beras dari Malaysia tujuan Tembilahan Riau. 

Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau Hary Budi Wicaksono mengatakan pihaknya terus melakukan patroli untuk mencegah kasus serupa terjadi, termasuk upaya penyelundupan barang-barang lainnya.

"Kalau saya bilang ini bukan tren, tapi memang ada panen, lalu ada pasarnya juga," kata Hary kepada detikFinance, Selasa (2/10/2012)

Saat ini, lanjut Hary, pihaknya sudah mengamankan para ABK kapal bersangkutan. Pihaknya juga sedang melakukan pembongkaran temuan ratusan ton beras ilegal tersebut.

"Sekarang di lapangan sedang dilakukan pembongkaran," katanya.

No comments: