Isnin, Februari 17, 2014

Bandung, 550 km dari Gunung Kelud juga dihujani debu gunung berapi


Letusan Gunung Kelud pada hari Khamis 13/2/14 jam 11.50 malam waktu Malaysia seperti dalam imej di bawah telah memuntahkan abu yang sangat banyak sepanjang malam selepas itu. Akibatnya debu bertebaran di dalam atmosfera Pulau Jawa dan memberi ancaman kepada kesihatan kepada mereka yang rawan. 

Abu tersebut di kesan sekitar 550 km dari Gunung Kelud iaitu di Jawa Barat iaitu di Bandung dan Sukabumi.

Gunung Kelud adalah gunung berapi kedua yang meletus di Indonesia dalam masa 2 minggu selepas Sinabung di Sumatera Utara pada 1/2/14 yang lalu. 

Untuk rekod, Kuala Lumpur terletak 370 km ke timur Gunung Sinabung.



Bandung - Hujan abu Gunung Kelud di Kota Bandung meluas. Kini hampir seluruh wilayah terkena. Bahkan turunnya abu bisa terlihat dengan cukup jelas. Warga di sejumlah titik di Kota Bandung melaporkan temuan abu di tempatnya.


Sejumlah titik tersebut di antaranya di sekitaran Ujungberung, Antapani, Bojongsoang, Jalan Lombok, Saparua, Jalan Diponegoro, dan Jalan Pasteur. Pantauan di lapangan, abu tipis turun perlahan. Abu makin terlihat di barang-barang berwarna gelap seperti jok motor.



Sebelumnya, abu tipis pagi ini baru dilaporkan sampai di kawasan Bandung Timur. Namun kini hujan abu sepertinya makin meluas.



"Di Ujung Berung makin tebal abunya. Baju yang dijemur banyak putih-putihnya. Di mobil juga banyak," tutur Djalihah (63), warga Girimekar Permai, Kecamatan Cilengkrang, Ujungberung.



Dilaporkan Neneng Anggraeni, warga Griya Bandung Indah (GBI) Bojongsoang, hujan abu turun di sekitar rumahnya. "Di jok motor terlihat jelas," katanya.



Meskipun abu yang turun di Kota Bandung dan sekitarnya tipis, namun warga perlu juga menjaga kesehatannya dengan membekali diri dengan masker. Karena abu vulkanik gunung bisa membuat mata pedih dan sesak pernafasan. - DETIKNEWS



Tiada ulasan: