Jumaat, Februari 14, 2014

Gunung Kelud, Jawa Timur pula meletus



Gunung Kelud, di Jawa Timur, Indonesia meletus pagi ini dengan debu vulkanik menyebar sehingga 336 km dari gunung berapi kedua meletus di Indonesia bulan ini selepas Sinabung yang terletak 370 km ke sebelah barat Kuala Lumpur pada 1 Februari yang lalu.

Dentuman Gunung Kelud yang meletus jam 11:50 malam semalam waktu Malaysia terdengar sehingga ke Jawa Tengah. Penduduk Solo , yang terletak 150 km ke barat Gunung Kelud mendengarkan ia seperti guruh di malam langit terang.

Pagi Jumaat 14 Februari 2014 tanah Jawa Tengah dan Jawa Timur diselubungi debu vulkanik Kelud. 

Ancaman yang sama juga ke atas Lembah Klang oleh Gunung Sinabung, Sumatera Utara.

Jumat, 14/02/2014 08:18
Berjarak 300 Km dari Gunung Kelud, Purbalingga Juga Diguyur Abu
Hujan abu sebagai dampak letusan Gunung Kelud di Jawa Timur mencapai hingga ke sejumlah kota di Jawa Tengah. Di kota Purbalingga yang berjarak sekitar 300 Km dari Gunung Kelud juga terkena guyuran hujan abu.

Jumat, 14/02/2014 08:25
Di Kebumen Jawa Tengah, Abu Gunung Kelud Setebal 3 Cm
Abu letusan Gunung Kelud, Jawa Timur menyapu ke berbagai daerah. Salah satunya di Kebumen, Jawa Tengah yang berjarak 442 Km dari lokasi gunung.

Jumat, 14/02/2014 08:34
Rupa-rupa Penampakan Debu Gunung Kelud yang Guyur Tanah Jawa
Abu Gunung Kelud hampir 'menyiram' seluruh wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ketebalan debu bahkan ada yang mencapai 10 cm.




Jakarta - Gunung Kelud meletus sekitar pukul 22.50 WIB. Dentuman letusan terdengar hingga ke wilayah Jawa Tengah.

Warga Solo, Agung mengatakan mendengar dentuman. "Terdengar 3 kali," kata Agung, Kamis (13/2/2014).

Dia dan warga lainnya awalnya menduga suara berasal dari petir. "Tapi langit terang tidak mendung," kata dia.

Sedangkan Didit warga Wonogiri juga mengaku mendengar dentuman erupsi Kelud. "Terdengar keras," ujarnya. 

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sudah merekomendasikan evakuasi masyarakat dari radius 10 Km dievakuasi.

Sebagian masyarakat yang tinggal dekat puncak gunung ini mulai menuju posko-posko pengungsian. Posko pengungsian saat ini masih tersebar namun beberapa di antaranya terletak di wilayah Blitar, Jawa Timur.

"Titik pengungsian sudah ditentukan, ada beberapa tempat di Blitar," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Status Gunung Kelud naik menjadi Awas (level IV) pada pukul 21.15 WIB. Sementara pada pukul 22.50 WIB, gunung yang terletak di Jawa Timur ini sempat mengeluarkan asap tebal setinggi 3000 meter.

1 ulasan:

Tanpa Nama berkata...

Padan muka indon. Tu lah, dengki lagi dengan negara2 jiran.