Selasa, Mac 11, 2014

Gunung Slamet mula bergegar

Gunung Slamet, Jawa Tengah pula diramalkan meletus. Ketua Badan Geologi, Surono dalam keterangannya menyebut Gunung Slamet dinaikkan dari status Normal kepada Waspada pada jam 10:00 malam tadi waktu Malaysia.

Kemuncak berketinggian 3,428 meter ini mula meningkatkan aktiviti gempa vulkanik mulai malam tadi.

Gunung Slamet (3.428 meter dpl.) adalah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten BrebesBanyumas,PurbalinggaKabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa. Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level SIAGA medio pertengahan 2009.
Gunung Slamet cukup populer sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 km dariPurwokerto.




Jakarta - Aktivitas gempa di Gunung Slamet terus meningkat. Karenanya status gunung itu pun naik. Gunung Slamet kini di level waspada.

"Sejak tanggal 10 Maret 2014 pukul 21.00 WIB status aktivitas G. Slamet dinaikkan dari level Normal (level 1) menjadi Waspada (level 2)," kata Kepala Badan Geologi Surono dalam keterangannya, Senin (10/3/2014).

Menurut Surono, peningkatan kegempaan di Gunung Slamet berimbas pada sejumlah wilayah meliputi 5 kabupaten di Jawa Tengah yakni Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Purbalingga.

"Agar masyarakat atau wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 2 km dari kawah G. Slamet," terang pria yang akrab disapa Mbah Rono ini. DETIKNEWS

Tiada ulasan: