Friday, September 19, 2014

Scotland kekal dalam UK dengan 55% sokongan

Warga Scotland sah memilih untuk kekal di dalam Great Britain dengan 55% undian mohon kekal dan 45% undian mohon merdeka. Referendum dijalankan semalam 18/9/2014.



Jumat, 19/09/2014 12:32 WIB
Sah! Warga Skotlandia Tolak Merdeka dari Inggris Raya
Rita Uli Hutapea - detikNew

London, - Warga Skotlandia akhirnya menolak kemerdekaan dari Kerajaan Inggris Raya. Demikian hasil resmi penghitungan suara usai referendum yang digelar Kamis, 18 September kemarin. 

Dengan 31 dari total 32 wilayah pemilihan, sebanyak 55,42 persen pemilih telah memilih menolak kemerdekaan. Sementara pemilih yang mendukung kemerdekaan sebanyak 44,58 persen. Demikian seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (19/9/2014).

Dalam referendum ini, pemungutan suara digelar di lebih dari 5.500 tempat pemungutan suara yang tersebar di semua distrik Skotlandia. Tercatat lebih dari 4,2 juta orang yang terdaftar dalam referendum ini. Mereka semua harus menjawab "ya" atau "tidak" untuk pertanyaan: "Apakah Skotlandia harus menjadi negara merdeka?"

Sebelum referendum Skotlandia ini, kelompok pro-kemerdekaan Skotlandia mengklaim mendapat momentum untuk kemenangan. Sementara kelompok pro-Inggris Raya meminta kelompoknya untuk bertahan bersama Inggris dan optimistis akan memenangkan referendum.


Namun berbagai survei terakhir yang digelar sebelum referendum, menunjukkan perbedaan suara di antara kelompok yang mendukung dan menentang kemerdekaan semakin tipis.
semakin tipis.

4 comments:

Strategi Perang:Pengenalan said...

Mintaklah kerajaan buat survey untuk kekalkan Sarawak dalam Malaysia.Baru diam orang-orang yang minta sarawak keluar dari malaysia/

IPOH MALAY said...

hal itu mungkin sahaja berlaku dalam tempoh tertentu di masa depan. Ini kerana Scotland telah 300 tahun di bawah UK sebelum referendum tersebut diadakan.

IPOH MALAY said...

Adam adli x patut dipenjara. Patut dihantar ke spital gila

Unknown said...

sungguh bijaksana dan bernah jawapan saudara IPOH MALI berkenaan penghantaran ADAM ADLI ke spital gila . #mujuradapamoga