Rabu, Jun 13, 2012

Kesejahteraan Malaysia Dan Kuasa Beli Yang Besar


Ongkos Hidup di Jakarta Lebih Mahal dari Kuala Lumpur

Wahyu Daniel - detikfinance
Rabu, 13/06/2012 08:23 WIB


Jakarta - Bagi para ekspatriat, kota dengan biaya hidup termahal di dunia adalah Tokyo. Namun di Asia Tenggara, biaya hidup di Jakarta ternyata dinilai lebih mahal dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam survei biaya hidup yang dibuat oleh Mercer, dari 214 kota di lima benua yang masuk survei, Jakarta menempati peringkat 61 atau naik 8 peringkat dari tahun 2011 yaitu di peringkat 69.

Phil Stanley, Pimpinan Asia Pacific Global Mobility Centre of Excellence Mercer menyatakan, kenaikan peringkat Jakarta sebagai kota termahal bagi ekspatriat karena merosotnya peringkat kota-kota lain. Di ASEAN, Singapura menjadi kota dengan biaya hidup termahal atau menduduki peringkat 6 dari 214 kota.

"Kenaikan peringkat Singapura dari peringkat delapan menjadi enam adalah terutama disebabkan oleh menguatnya nilai tukar mata uang mereka terhadap dolar AS. Demikian pula Kuala Lumpur yang naik dari peringkat 104 ke peringkat 102 dikarenakan menguatnya nilai tukar mata uang mereka terhadap dolar AS. Sementara ibukota Indonesia, Jakarta, naik delapan peringkat disebabkan oleh merosotnya peringkat kota-kota lain," tutur Stanley.

Survey ini mencakup 214 kota di lima benua, mengukur perbandingan harga lebih dari 200 barang di tiap lokasi, termasuk transportasi, makanan, pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan hiburan. Juga tercakup dalam survey ini adalah biaya perumahan, yang seringkali merupakan komponen pengeluaran terbesar bagi ekspatriat, sehingga memegang kontribusi yang besar terhadap hasil peringkat kota-kota. 

New York digunakan sebagai kota acuan dan semua kota dibandingkan terhadap New York. Pergerakan nilai tukar mata uang diukur terhadap dolar AS. Tokyo menjadi kota termahal dengan duduk di peringkat pertama survey ini.

Di ASEAN, biaya hidup bagi di Jakarta (61) lebih tinggi dari Bangkok (81), Kuala Lumpur (102), Hanoi (136), Ho Chi Minh City (141), dan Phnom Penh (183).




5 KOMENTAR



Pak RT Pak RTabout an hour ago
Mahal kalau gajinya cukup kan sama aja. Gaya hidupnya kali yang bikin mahal...



pro-kedamaianabout an hour ago
memang iya... hanya dengan 3 ringgit (sekitar 8 ribu rupiah), sudah bisa makan enak di malaysia, makan ambil sendiri plus segelas nescafe... tempat makannya terjamin karena setiap bulan semua penjual makanan diinspeksi sama kementrian kesehatan....kalau di Indo? 8 ribu cuma bisa makan di warteg yang kualitas makanannya nggak jelas..... nyerah  nyerah  nyerah nyerah 


Iwan Juniabout an hour ago
Memang Biaya hidup di Malaysia lebih jauh lebih murah tapi standard gaji di Malaysia lebih tinggi dari Indonesia. Jadi yang tidak benar adalah pemerintah.



cashinoroyalabout an hour ago
Ga penting juga expat pada di sini , kalo enggak suka pulang sono




jokowiyonoabout an hour ago
..bila tidurnya nyewa apartemen di Sudirman lalu makan pagi di Senayan City terus Belanja Harian ke Sogo atau Mangga Dua dan makan malam di Pondok Indah mall, kemudian pakai Kendaran pribadi yang cc 3000 ke atas menuju ke tempat tsb pasti mahal dong, bila makan di Warteg aja, terus naik motor kemana-mana, tidur di kost-kosan pasti dijamin murah 

Tiada ulasan: