Selasa, Oktober 07, 2014

Kartunis The New York Times, Heng Kim Song, bikin onar lagi

Kartunis The New York Times, Heng Kim Song yang berpejabat di Singapura sekali lagi menimbulkan marah kali ini dari kalangan orang ramai terutamanya di India apabila melukis kartun menghina misi Marikh oleh negara India. 

Heng pernah mencetus kemarahan separuh rakyat Malaysia apabila melukis hasil PRU13 dengan pengadil, yang kononnya Suruhanjaya Pilihanraya, memberi kemenangan kepada Najib Razak walaupun lebam di belasah oleh Anwar Ibrahim dalam satu perlawanan tinju yang kononnya menggambarkan PRU13.


Selasa, 07/10/2014 14:09 WIB

Muat Karikatur Misi ke Mars Termurah India, New York Times Minta Maaf

BBCIndonesia.com - detikNews


Surat kabar The New York Times meminta maaf terkait karikatur tentang Misi Mars India menyusul keluhan dari pembaca yang menganggap gambar itu merupakan penghinaan. Karikatur itu menunjukkan seorang petani dengan sapi mengetuk pintu satu ruangan yang disebut Klub Ruang Angkasa Elit dengan dua pria duduk membaca koran tentang Misi Mars India. 


Karikatur tersebut diangkat untuk artikel yang berjudul Misi Murah India ke Mars. Bulan lalu, India berhasil meluncurkan robot Mangalyaan ke orbi t di seputar Mars. Biaya keseluruhan misi India itu sekitar 4,5 miliar rupe (Rp877 miliar) dan menjadikan operasi ini sebagai salah satu misi ruang angkasa yang paling murah.

Hanya Amerika Serikat, Rusia dan Eropa yang sebelumnya pernah mengirim misi ke Mars.

'Cara provokatif'

India berhasil dalam misi pertamanya, dan capaian ini bahkan mengalahkan Amerika dan Soviet. Andrew Rosenthal dalam editorial di New York Times menulis dalam akun Facebook bahwa "sejumlah besar pembaca" mengeluh tentang karikatur itu.

"Tujuan dari kartunis, Heng Kim Song, adalah mengangkat bagaimana eksplorasi ruang angkasa ini tidak lagi menjadi negara-negara Barat yang kaya," kata Rosenthal.

"Heng, yang berkantor di Singapura, menggunakan gambar dan teks - sering dengan cara provokatif- untuk mengangkat masalah internasional. Kami 
meminta maaf kepada para pembaca yang tersinggung dengan pilihan gambar dalam karikatur ini," tambahnya.

Kendaraan ruang angkasa Mangalyaan diluncurkan dari stasiun Sriharikota di pesisir Teluk Benggala pada 5 November 2013. Satelit itu bergabung dengan empat misi lain yang mengelilingi Planet Merah itu, Maven (AS), Mars Odyssey (AS), Mars Reconnaissance Orbiter (AS) dan Mars Express (Europe).


Tiada ulasan: